Jumat, 27 Maret 2015
Berlangganan

Ketep Pass


Ketep Pass adalah Obyek Wisata alam yang dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapian, khususnya Gunung Merapi. Lokasi Ketep Pass berada di Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.



Ketep Pass berada di puncak Bukit Sawangan atau pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 meter dpl dan luas areanya kurang lebih 8000 meter persegi. Ketep pass ini berjarak 29 km dari Kota Magelang.

Ketep Pass diresmikan Pada tanggal 17 Oktober 2002, sebagai kawasan wisata jalur Solo–Selo–Borobudur (SSB) oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri.


Fasilitas Ketep Pass

Museum Vulkanologi: Di dalamnya berdiri miniatur Gunung Merapi, komputer interaktif yang berisi tentang dokumen kegunungapian, beberapa contoh batu-batuan bukti letusan dari tahun ke tahun, poster peringatan dini lahar Gunung Merapi, dan juga beberapa foto dan poster yang menggambarkan kisah dari aktivitas Gunung Merapi.

Bioskop mini: Bioskop ini menyajikan film berupa sejarah dari Gunung Merapi yang meliputi peristiwa terbentuknya Gunung Merapi, jalur-jalur pendakian,penelitian di puncak Garuda, letusan dahsyat Gunung Merapi, dan berbagai peristiwa yang terjadi dalam rentetan waktu tertentu. Durasi dari film ini cukup pendek, hanya sekitar 25 menit.

Teropong: Jumlah teropong yang ada di Ketep Pass ini adalah dua buah. Masing-masing berada di puncak Panca Arga dan Gardu Pandang.Dengan alat ini, para pengunjung dapat melihat dengan jelas keindahan panorama Gunung Merapi, Merbabu dan gunung-gunung yang lain.

Pelataran Pancaarga: Mempunyai arti lima gunung. Lokasi ini merupakan puncak tertinggi di Obyek Wisata Ketep Pass. Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat 5 gunung, yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Selain kelima Gunung tersebut pengunjung juga dapat melihat dan menikmati gunung-gunung kecil dan bukit-bukit yang sangat indah antara lain Gunung Tidar, Gunung Andong, Gunung Pring, Bukit Menoreh, Bukit Telomoyo, dan lain-lain.

Gardu panjang: Berupa dua buah gazebo masing-masing dengan ukuran empat persegi panjang dan bangunan segi delapan dengan panjang panjang sisi lima meter. Dari Gardu Padang ini, pengujung dapat melihat keindahan alam Gunung Merapi dan Merbabu, serta hamparan lahan pertanian yang ada di kedua kaki Gunung tersebut.


Harga tiket Ketep Pass


  • Tiket Masuk Area dan Museum  : Rp7.500,-/orang (Rp.500,- Asuransi Pengunjung)
  • Tiket Ketep Volcano Theatre : Rp7.000,-/orang
  • Tiket Teropong : Rp3.000,-/orang
  • Tiket Wisata Mancanegara : US $ 3,-/orang (free all facilitas)
  • Parkir Sepeda Motor : Rp2.000,-/unit
  • Parkir Mobil : Rp5.000,-/unit
  • Parkir Mini Bus : Rp7.000,-/unit
  • Parkir Bus Besar: Rp12.000,-/unit


Jika anda sudah puas menikmati indahnya alam di ketep pass anda bisa langsung meluncur menuju Candi Borobudur yang berjarak 27,3 Km dari ketep.